Daftar Provider Internet Terbaik di Indonesia yang Harus Anda Tahu

gambar tersebut menyebutkan daftar provider internet terbaik di Indonesia gambar tersebut menyebutkan daftar provider internet terbaik di Indonesia

Daftar Provider Internet Terbaik di Indonesia yang Harus Anda Tahu

Ada banyak provider internet di Indonesia yang bisa Anda jadikan pilihan untuk pemasangan WiFi di kantor, rumah, atau kos. Setiap provider ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Jadi, pastikan Anda memilih provider yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Daftar Provider Internet Terbaik di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa provider di Indonesia dimana semuanya termasuk yang terbaik dan seringkali menjadi pilihan:

  1. Indihome

Salah satu provider internet yang paling banyak dikenal adalah Indihome. Indihome merupakan salah satu produk PT. Telkom Indonesia yang menyediakan layanan digital dan internet dengan berbagai macam paket langganan yang menjangkau hingga seluruh Indonesia.

Anda bisa mendapatkan paket langganan internet, TV, dan telepon mulai dari Rp150.000 per bulan. Kecepatan internet yang ditawarkan Indihome mulai dari 20 Mbps, 30 Mps, 40 Mbps, hingga 10 Mbps.

  1. Biznet Network

Biznet Network merupakan penyedia layanan internet yang juga menjadi salah satu provider terbaik di Indonesia. Biznet telah menjangkau berbagai daerah di seluruh Indonesia, dengan 2 jenis paket langganan untuk kebutuhan yang berbeda.

Pertama, ada Biznet Home untuk penggunaan di perumahan dan apartemen. Paket langganan ini mencakup internet WiFi dan IPTV atau layanan TV interaktif dengan program hiburan.

Yang kedua adalah Biznet Metronet, yang penggunaannya untuk keperluan bisnis UKM. Kecepatan internet yang ditawarkan mulai dari 50 hingga 70 Mbps.

  1. FirstMedia (FastNet)

Provider selanjutnya adalah FirstMedia yang sudah sangat populer. FirstMedia memiliki berbagai paket langganan internet FastNet, Home Cable, Streamtainment, dan First Living.

Kecepatan internet yang ditawarkan oleh FirstMedia mencapai 1 Gbps. FirstMedia juga memiliki layanan Game Xpert untuk para gamers yang menawarkan berbagai keuntungan, salah satunya bonus benefit in-game.

  1. Transvision

Kalau Anda mengenal Transvision sebagai penyedia layanan TV, nyatanya Transvision juga menyediakan paket internet. Untuk paket langganannya, Transvision menyediakan 2 paket berbeda, yakni Internet + Paket TV + Mola TV Apps dan paket Internet + Paket TV.

Untuk harga paket langganannya mulai dari Rp269.000 per bulan dengan kecepatan hingga 30 Mbps untuk 3 sampai 5 perangkat. Kuota internet yang ditawarkan adalah kuota unlimited dengan koneksi cepat dan stabil.

  1. MNC Play

MNC Play menggunakan fiber optik untuk koneksi internet yang bisa menjangkau seluruh ruangan rumah, serta gedung dan apartemen, dengan kecepatan hingga 10 Gbps.

MNC Play menyediakan paket langganan internet dan IPTV Interaktif. Harga paket langganan sendiri dibanderol mulai dari Rp230.000,- per bulan untuk kecepatan internet up to 10 Mbps.

Jangkauan area MNC Play masih belum seluas provider lainnya, yakni hanya mencakup 9 area saja.

Dari uraian di atas, apakah Anda sudah memiliki pilihan provider mana yang ingin Anda gunakan? Namun sebelum memutuskan, sebaiknya Anda simak dulu penjelasan kami selanjutnya.

Tips Memilih Provider yang Tepat

Saat memutuskan untuk memasang WiFi, sebaiknya Anda sudah paham betul provider yang akan Anda gunakan. Pastikan provider pilihan Anda menawarkan banyak keuntungan dengan harga yang masih bisa Anda jangkau.

Untuk itu, di sini kami akan membagikan tips memilih provider yang tepat untuk pasang WiFi di rumah, kos, maupun kantor.

  • Pastikan Jangkauan Lokasinya

Tips yang pertama adalah Anda harus pastikan lokasi Anda termasuk dalam cakupan area yang bisa dijangkau oleh provider. Karena ada beberapa provider yang hanya tersedia di kota-kota besar, jadi Anda bisa menggunakan provider yang bisa menjangkau lokasi Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu bagaimana kelancaran koneksi internet dari provider yang Anda pilih, apakah masih terhambat, masih belum 4G, atau yang lainnya.

  • Pilihlah Sesuai Kebutuhan

Pasang WiFi untuk rumah, kos, dan kantor tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Mulai dari paket langganan, kecepatan koneksi, hingga fokus pemakaiannya.

Untuk penggunaan di rumah dan kos, Anda bisa menggunakan paket internet dengan kecepatan sedang, karena penggunaannya mungkin hanya sekadar browsing, streaming, dan bersosial media.

Sedangkan untuk kantor, bisa memilih kecepatan yang lebih tinggi karena biasanya penggunaannya lebih banyak, misal untuk rapat online. Pengguna internet di kantor juga tentunya lebih banyak daripada rumah dan kos, jadi pastikan koneksinya cepat dan stabil.

  • Cek Harganya

Setelah memilih paket langganan yang sesuai kebutuhan, pastikan harganya juga sesuai dengan budget Anda karena harga itulah yang akan Anda bayar setiap bulannya.

Kalau Anda ingin paket internet dengan kecepatan tinggi dan kuota besar namun terlalu mahal, atau paket internet murah tapi jaringannya lelet, Anda bisa memilih paket internet yang sedikit lebih mahal namun dengan kuota dan kecepatan internet yang kestabilannya aman sebagai alternatifnya.

  • Minta Rekomendasi

Kalau masih bingung memilih provider yang tepat, jangan sungkan untuk bertanya-tanya atau meminta rekomendasi ke rekan atau kerabat Anda.

Anda bisa meminta pendapat mereka tentang ulasan selama menggunakan suatu provider. Bagaimana kestabilan koneksinya, keuntungan yang didapat, dan kendala apa yang pernah terjadi. Dari sini, Anda bisa menimbang kembali pilihan Anda.